Rabu, 07 Januari 2015

Distorsi Cinta

Manusia merupakan mahluk yang lahir dari cinta, maka ketika seorang bayi terlahir dari rahim – itu juga mengapa media terlahirnya manusia disebut dengan rahiim ( kasing sayang), kita menyebutnya buah cinta, sebuah artikulasi alami dan bentuk kejujuran manusia.

Mengapa seorang  ibu rela mengorbankan nyawanya saat melahirkan anaknya? Ini juga bentuk nyata dari sebuah cinta, bahkan tak habis sampai disitu, pengorbanan berlanjut dengan hilangnya jam istirahat , membuang kantuk, menyingkirkan segala lelah, karena ia haru menjaga “buah cinta’ yang saat ini mewujud menjadi seorang anak. Walau mungkin sebagian orang tidak melihat peran ayah, namun sesungguhnya iapun sama besarnya dalam berkorban, bayi mungil itu menjadi stimulasi dan motivator yang menggerakkan adrenalinnya untuk mencari rezeki, agar semua kebutuhan anaknya tak kurang bahkan ia berusaha untuk mencari lebih, alasannya?? Karena ia ingin anaknya tumbuh dan berkembang dalam kecukupan.

Seiring waktu, buah cinta ini menjadi manusia yang sempurna dan mandiri. Ia tak lagi harus dimandikan, disuapi, dituntun berjalan, atau mendapatkan bantuan dari ibu dan ayahnya. ia bisa berlari bahkan pergi dengan kemauannya sendiri. Lalu berhentikah cinta sampai disini?

Energi cinta itu terus mengalir, usapan, belaian, kerinduan bahkan keinginan dari cinta ayah dan bunda terejawantahkan dalam do’a dan harapan, ia ingin melihat anak anaknya bahagia, gembira dan sukses, bahkan tidak sedikit mereka rela menjadi miskin, berhutang dan mengadu nyawa agar anaknya bisa sekolah ditempat yang terbaik, mendapatkan pekerjaan yang terbaik dan memiliki kehidupan yang terbaik. Orangtua menyingkirkan mimpi mimpi mereka, dan mengalirkan semua cita cita mereka hanya untuk KEBAHAGIAN SANG ANAK.

Seluruh waktu dan cintanya telah dihabiskan untuk “ buah cinta” yang kini telah menjadi ‘orang’, pejabat, pengusaha, atau apapun. Buah hati itu kini telah memiliki istri, suami dan keluarga sendiri. Namun ternyata, cinta mereka tak juga berhenti, ditengah rentahnya usia, rapuhnya tulang, lelahnya tenaga, mereka menyediakan diri untuk mengasuh cucu cucu yang mereka sayangi melebih sayangnya mereka terhadap diri mereka sendiri. Tak pelak, walau terlihat seperti seorang pembantu, penjaga bayi atau sebutan lainnya, mereka menapik semua label itu, karena bagi mereka inilah CINTA yang harus direfleksikan dalam kenyataan sejati.

Namun sayangnya..........

Buah cinta tak memahami esensi cinta dari mereka para pelaku cinta, sehingga mengabaikan nilai nilai ‘pembalasan’ – walau mereka takkan pernah berfikiri untuk mencari balasan atas cinta yang telah mereka berikan -, namun sebagian anak anak tak pernah mengerti cara terbaik dalam membahagian mereka. Bahkan terlihat dalam kenyataan, sebagian anak laki laki menyepelakan cinta abadi itu atas cinta cinta yang baru bergabung di hatinya, ia lebih rela untuk melukai hati ibunya daripada terlihat tegas terhadap istrinya, walau tidak semuanya.

Distorsi cinta, itulah yang terjadi, kita tak pernah hadir untuk mereka, tak pernah ada saat mereka lelah, tak mampu membersihkan keringat yang menetes diwajahnya, bahkan sekedar bersama mereka meminum teh atau kopi untuk membuat mereka menjadi bahagia dan merasakan bahwa kitapun ada seperti mereka dulu ada untuk kita.

Mungkin, mereka tak pernah terfikir untuk sakit hati, atau merasa luka atas sikap kita, mereka mendamaikan hati mereka dengan mengatakan, “anakku memang hebat,  sukses dan memiliki kegiatan yang banyak, dan merekapun tak menuntut sesuatu yang seharusnya mereka dapatkan dari kita. Tapi ketahuilah, ada yang marah atas semua sikap ‘acuh’ kita, sikap tak peduli kita, sikap tak mau taunya kita, 

Dialah Allah yang Maha Cinta. Kenapa Allah menjadi murka? Karena kita telah melukai cinta yang ia turunkan melalui tangan kedua orangtua kita, hakikatnya selama ini orang tua kita hanya representatif dari cintanya Allah SWT, dan kita sangat tidak pandai berterima kasih atas cinta Allah. Itu kenapa Rosulullah SAW menyebutkan “ lam yasykur linnas lam yaskur lillah” siapa yang tak bersyukur kepada manusia, sesungguhnya ia sedang tidak bersyukur kepada Allah SWT.

Rasa syukur kita menjadi satu keniscayaan untuk menggapai suksesi kehidupan, karena pribadi yang bersyukur sama dengan pribadi yang sangat mengerti hakikat cinta ILAHI. Maka cara yang palin efektif untuk bersyukur kepada Allah atas nikmat cinta-Nya, adalah membahagian manusia yang telah menjadi alat TUHAN dalam mewujudkan cinta-Nya kepada kita.

Wallahu a’lam  

Raden Ahmad Affandi Azmatkhan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar